Prinsip Gizi Seimbang & Pentingnya Susu Untuk Mendukung Pemenuhan Gizi si Kecil Setiap Hari

Pentingnya Gizi Seimbang dan Peran Nutrisi Bagi Tumbuh Kembang Anak.

  Hai hai...
Jumpa lagi... Kita berjumpa lagi..
Boleh ya sekali- sekali menyapa Bunda dirumah yang sedang rehat sejenak pastinya sambil baca postingan saya ini.
  Seperti postingan emak emak lainnya pasti gak jauh jauh dari curhatan soal suami, harga cabe,dan yang paling sering sih tentang anak.
   Untuk mamah muda seperti saya pastinya banyak sekali warna warni saat merawat balita yang sedang aktif dan mulai banyak belajar seperti Syafa (2y10m). 
 Dan saat sudah menjadi orang tua kita pasti langsung punya rencana untuk masa depan si kecil. Bagi saya, menjadi apapun ia yang terpenting adalah selalu sehat dan menjadi anak yang berguna bagi orang disekitarnya ( sambil mewek terharu).
 Well, planning sebagai orang tua adalah menjadikan anak kita sebagai anak Generasi Maju dimana Anak Generasi Maju adalah anak yang cerdas & kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri dan percaya diri. Benar tidak?
 Untuk mendukung anak dengan tujuan seperti itu syarat utamanya adalah dengan sehat. Bagaimana tidak, sehat itu mahal kapten... Karna itulah saya banyak belajar dan mulai membiasakan hidup sehat sedini mungkin bagi anak saya.
  Sarapan tepat waktu sebelum jam 9. Hal ini dipercaya sebagai timing yang pas untuk sarapan sehat.
 Untuk pola makan juga sangat berperan penting sebagai penunjangnya.
   Saat ini Syafa sedang sangat aktif dan mulai belajar tentang ini itu.
  Nah, saat ini juga saya sebagai ibu harus benar-benar mengawasi asupan nutrisi yang penting di usia Syafa.
  Hal ini sangat penting mengingat bahwa makanan dan minuman adalah faktor utama untuk menunjang tumbuh kembang pada anak.
  Diawali dari sistem pencernaan yang baik agar segala nutrisi terserap dengan sempurna . Lalu jumlah nutrisi yang masuk serta apa saja nutrisi yang paling utama dibutuhkan oleh anak diusianya.


Kita bahas satu persatu ya...
  Kenapa anak anak perlu mendapat gizi yang cukup?
  Pastinya kekurangan gizi di usia balita sangatlah berbahaya bagi tumbuh kembangnya. Hal ini dapat menyebabkan stunting (kondisi dimana tinggi badan seseorang kurang untuk seusianya) Dimana data saat ini sekitar 37,2% anak indonesia mengalaminya.
 Mengapa demikian? Karna tidak tercukupinya makanan yang bergizi bagi si anak.
 Taukah bunda... Makanan bergizi itu tidak lah harus mahal dan mewah. Cukup dengan memenuhi unsur- unsur mikronutrien / zat gizi terpenting seperti protein, karbohidrat, vit A, Vit C, Vit E, Zink, kalsium, Omega 3 dan Omega 6. Kekurangan zat gizi akan mengakibatkan anemia ( kekurangan zat besi), lemah, letih, lesu, penyakit mata dan beberapa penyakit lainnya.
 Mikronutrien diperlukan oleh tubuh sekitar 100mg/ hari. Sedikit tetapi sangat penting terutama bagi ibu hamil, menyusui serta anak dibawah usia 5 tahun.
Darimana bisa kita dapatkan?

Protein
 Untuk Protein bisa kita dapatkan dari bahan yang biasa kita konsumsi. Seperti telur, tempe, tahu, kacang kacangan dll.



  Apa fungsi protein? Membangun dan memelihara sel sel jaringan tubuh.
    Nah saat sakit maka protein juga lah yang berperan penting untuk mencegah masalah imun ditubuh.


Karbohidrat
 Ibarat motor,maka tubuh juga butuh bahan bakar yg diperoleh dari gula dan glukosa yg berasal dari karbohidrat.


Kalsium 
 Fungsi kalsium untuk tubuh adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi yang mendukung anak untuk tumbuh tinggi dan memiliki tulang dan gigi yang kuat.



Vit A,B,C,D,E,K
 Apa saja peran Vitamin bagi tubuh?
Vit A sendiri menjaga kesehatan mata, sumber antioksidan. vit B dikenal sebagai pencegah penyakit beri-beri dan menjaga kesehatan jantung. vit C adalah sumber antioksidan dan meningkatkan imunitas tubuh, Vit D &K menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sedangkan Vit E berfungsi menjaga kesehatan kulit, pengontrol kadar asam lemak dalam darah.




Omega 3 dan Omega 6
  Keduanya adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel dan mengendalikan peradangan.



Zinc
 Zinc sendiri berfungsi membantu penyembuhan luka, berperan dalam indera perasa & penciuman, memperkuat sistem kekebalan tubuh,membantu pertumbuhan sel serta mengurai karbohidrat.


 Maka pentinglah kesemua unsur nutrisi utama diatas terpenuhi setiap harinya. 
Sebagai patokan bunda dirumah bisa melihat 'tumpeng gizi' berikut.


 Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah anak juga tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi makanan. Hal ini dapat menyebabkan overwight/ obesitas dimana nutrisi yang masuk lebih banyak tanpa adanya pengolahan menjadi energi melalui aktivitas fisik yang kurang. Pastinya obesitas juga bisa mengakibatkan penyakit berbahaya lainnya seperti jantung, diabetes dan lainnya.

  Konsumsi minyak,gula dan garam juga harus diperhatikan sesuai dengan takaran umum gula 4sdm, garam 1sdt dan minyak 5sdm.

  Sebagai bahan rekomendasi, saya biasa menyajikan menu sederhana untuk syafa seperti sop ayam/ daging, sayur bayam maupun soto ayam medan.
Soto ayam medan

Sayur bayam + jagung serta ikan goreng
Nasi bento dengan salad buah dan oseng telur ayam

Isi piringku 


  Menu pertama : soto ayam ini sudah lengkap karbohidrat (nasi/ kentang), protein (tempe/ ayam suir) sayuran yang mengandung vit A,C,E dll seperti wortel dan tauge. Ditambah buah pencuci mulut, saya sediakan jeruk manis agar dikonsumsi si kecil sesudah makan. 
   Menu ke 2 adalah sayur bayam dengan jagung dan ikan goreng. 
   Dan menu ke tiga adalah nasi bento yang biasa saya buat untuk bekal ketika bepergian. 
  Bukan menu mewah kan, Bunda? Hanya saja cara kita menyajikan yang perlu diperbaiki agar si kecil tidak bosan dan bersemangat untuk menghabiskan isi piringnya. 
 Jika si kecil sedang tidak ingin mengkonsumsi nasi bisa kita ganti dengan sumber karbo lain seperti kentang atau bahkan tepung. Tentunya tidak mengabaikan sumber Vitamin lainnya.

Contoh makanan karbo yang berasal dari tepung

  Dan terakhir yang tidak kalah pentingnya yang sering diabaikan oleh orang tua adalah mengkonsumsi susu tambahan untuk si kecil. 
  Kenapa penting? Ada kalanya anak seusia syafa melakukan GTM (Gerakan Tutup Mulut) hal ini biasa terjadi saat anak sedang bosan mengkonsumsi nasi ataupun makanan berat lainnya. Ini biasa terjadi pada anak usia 8 bulan keatas tidak terkecuali dengan syafa ya.. 
 Nah, banyak ibu yang akan kebingungan bagaimana caranya agar nutrisi anak tetap terpenuhi selain dari makanan yang terkadang hanya bisa masuk dua atau tiga suapan saja saat anak tidak mau makan.    Kita bisa menambahkan konsumsi susu formula yang tepat bagi si kecil. Tetapi susu formula bukanlah pengganti makanan ya bunda. Kita harus mengusahakan anak agar tetap mau makan. 
  Dan Asi juga tetap diberikan sampai anak berusia 2 tahun.
 Nah,jika anak sudah tidak mengkonsumsi Asi. Maka tetaplah melengkapi nutrisinya melalui susu formula yang tepat nutrisinya sebagai minuman pendamping, Karna dewasa ini banyak anak anak yang tidak lagi mengkonsumsi susu saat sudah berusia 5 tahun.
 Padahal anak akan terus tumbuh tinggi diusia hingga 18-21 tahun. Dan susu adalah salah satu sumber kalsium tertinggi untuk tulang dan gigi. Itulah sebabnya susu sangat penting dikonsumsi setiap hari. 

Memilih susu yang tepat.
   Apa syarat terpenting dalam memilih susu yang tepat untuk sang buah hati?
    Memilih susu bukanlah soal harga. Karna belum tentu yang mahal cocok dan juga baik untuk anak. 
 Karna tidak semua anak bisa disamaratakan kebutuhannya. Contohnya anak yang alergi susu sapi, maka tidaklah baik baginya menkonsumsi susu yang berasal dari sapi. Bisa kita pilih yang berasal dari nabati seperti susu kedelai / soya yang memiliki nutrisi sama dengan susu sapi. 

  Yang perlu diwaspadai juga adalah anak yang mempunyai alergi susu sapi bisa juga alergi terhadap susu soya maka bisa dipilih susu dengan Protein Hidrolisa Parsial( PHPro).  


 Anak  yang tidak doyan sayur bisa direkomendasikan susu buah dan sayur.


  Untuk aktivitas sehari hari diluar ruangan atau bepergian kita bisa menyediakan susu UHT yang sangat praktis dibawa kemana- mana sebagai bekal.





    Saat ini mencari susu dengan kebutuhan kita sangatlah mudah, sudah tersedia di warung ataupun minimarket sekitar kita.        Tinggal kita cocokkan dengan kebutuhan dan juga tingkat ekonomi kita. Jadi sudah tidak ada alasan untuk tidak memberikan asupan nutrisi terbaik bagi buah hati. 
  Dampingi si buah hati untuk minum susu minimal 3 kali sehari.
   Karna anak Generasi Maju adalah Anak yang cerdas & kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri dan percaya diri. 
 Saat anak sehat,tumbuh tinggi dan kuat. Maka ia akan jadi anak yang supel, mandiri & percaya diri serta cerdas & kreatif. 

 Yuk bunda... Jadilah Bunda pendukung Anak Generasi Maju.







Salam hangat....
Julyanidar
Mamah muda, Bunda syafa
Insyaallah Anak Generasi Maju



Komentar

  1. Wih mantap nih bahasannya lengkap.. Aku setuju, makanan sehat tak harus makanan mahal ala resto ya

    BalasHapus
  2. Lengkap bahasannya bun. Makasih sharingnya yaa bun :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer